Senin, 02 Juni 2008

Akikah menebar silaturahmi dan menebar manfaat

Akikah [Aqiqah] adalah menyembelih binatang pada hari mencukur rambut bayi dan merupakan ibadah yang disyariatkan oleh Allah SWT melalui Rasulullah SAW dalam sabdanya: '' Setiap anak yang lahir itu terpelihara dengan aqiqahnya yang disembelih untuknya pada hari ketujuh [dari hari kelahirannya], di cukur dan diberi nama.'' [Riwayat Abu Dawud, Al-Turmudzi dan Ibnu Majalah]
Lebih lanjut dijelaskan: " Rasulullah SAW memerintahkan para sahabat agar menyemblih akikah untuk anak laki-laki dua ekor domba yang umurnya sama dan anak perempuan seekor kambing". [HR. Al-Turmudzi].
Begitu pentingnya akikah, maka secara umum para ulama menyatakan akikah hukumnya adalah sunah muakkad, yaitu sunnah yang amat dipentingkan.
Inilah wujud kasih sayang, harapan dan do'a dari orang tua terhadap buah hatinya agar menjadi anak yang sholeh dan sholehah dan selamat dunia dan akhirat.
pada aspek sosial, ibadah akikah dapat menjalin ukhuwah pada sesama tatkala setiap domba yang disemblih dimasak lalu dinikmati oleh masyarakat tak berpunya dan anak-anak yatim di pelosok daerah, terlebih jika dalam pengadaannya pun nelibatkan para peternak gurem.
pada hakekatnya akikah merupakan ibadah yang mempunyai dampak sosial yang luas jika pelaksanaannya dilakukan dengan melihat nilai manfaat yang optmal atau tepat sasaran. dampak kenaikan BBM yang memberikan kontribusi tingginya angka kemiskinan apalagi didaerah yang terbelakang, membuat semakin terpuruk kehidupan orang-orang desa yang tercatat sebagai petani dan peternak gurem. melalui pemberdayaan kampoeng ternak yang siap membangun kewirausahaan sosial peternakan rakyat seakan memberikan angin segar bagi kehidupan mereka. ditambah dengan program akikah peduli yang digulirkan yang segera direspon oleh kaum berpunya sehingga memberikan hubungan yang harmonis dan sinergis. Tatkala domba yang dipelihara oleh petani peternak tak berpunya di pesan oleh keluarga yang mampu sebagai rasa syukur atas kelahiran buah hati yang dinanti. keinginan dan harapan berbanding lurus dengan pengorbanan yang di keluarkan apalagi doa orang tak berpunya menjadi jalan lurus tanpa hambatan kepada sang pencipta. keinginan berbagi dengan landasan keikhlasan berbuah manis ketika beban kesusahan terobati sesaat dan luapan rasa bahagia dirasakan pula oleh saudara-saudara kita yang dibelenggu ke papaan dan kesulitan hidup. semoga.

Tidak ada komentar: